10 Hal Menarik di Athena

 

ketika mengunjungi Athena, Yunani, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Selain warisan era klasik seperti museum, taman, dan kawasan budaya, juga ada pusat perbelanjaan modern seperti bar atau klub. Namun, jangan pula melewatkan mencoba kuliner Yunani.

Berikut ini 10 hal menarik yang bisa Anda lakukan selama di Athena.

1. Mengunjungi Acropolis Athena

Terlihat dari hampir setiap sudut kota, Acropolis yang mendominasi langit Athena, berdiri kokoh dan bermartabat. Acropolis merupakan sebuah intisari dari era klasik dan salah satu monumen yang paling penting dalam daftar warisan dunia. Kuil Parthenon yang mendominasi kawasan Acropolis setiap tahun menarik jutaan pengunjung. Ini merupakan daftar kunjungan awal anda ketika pergi ke Athena.

Acropolis buka setiap hari mulai pukul 8.00-19.30 waktu setempat (musim panas) dan pukul 8.30-15.00 waktu setempat (musim dingin). Harga tiket memasuki tempat ini 12 Euro (sekitar Rp141 ribu).

2. Penggabungan Athena kuno ke dalam kota kontemporer

Berjalanlah di sepanjang Monastiraki, Plaka, Theseion dan distrik Kerameikos. Di sana Anda akan merasa berada di Athena zaman dulu. Kini sebagai hasil dari proyek pembangunan kota (Unifikasi situs arkeologi), mayoritas situs arkeologi telah sempurna digabungkan ke dalam kota kontemporer.

Anda bisa berjalan-jalan di Athena atau sekedar duduk-duduk untuk minum kopi sambil menikmati situs-situs kuno seperti Ancient Agora, Roman Agora dan lain-lain.

3. Mengenal lebih jauh 5.000 tahun peradaban manusia

Museum di Athena menyokong pameran penting yang bisa membawa Anda ke dalam perjalanan 5.000 tahun dari peradaban manusia. Di mulai dengan era Cycladic, menjelajahi era klasik zaman Romawi, era Bizantium, era kerajaan Utsmani, kemudian melewati era Pencerahan.

4.Hiking di jantung kota

Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan di Athena adalah mengunjungi Gunung Lycabettus yang terletak di jantung kota. Perjalanan sangat ideal dilakukan dengan berjalan kaki atau dengan mobil kabel seharga 6 euro (sekitar Rp.70 ribu) sambil menikmati panorama megah dari Athena.

5. Mengunjungi Kota Plaka dan pasar loak di minggu pagi

Dalam keindahan kota tua Plaka di Athena ada sebuah lingkungan yang penuh warung kecil, toko souvenir dan restauran kecil yang menyajikan makan yunani. Setiap Minggu pagi, pasar loak berlangsung di Monastiraki dan Avissinias Square, dengan furnitur antik, porselin dan banyak hal menarik lainnya untuk dibeli.

6. Metro Athena

Metro Athena bukan sekedar sistem alat transportasi bawah tanah dimana Anda bisa meneruskan bepergian dari satu daerah ke daerah lain. Tempat ini juga menjadi museum dimana pameran era Yunani kuno dan seni kontemporer bisa Anda lihat dan nikmati.

7. Mencicipi masakan laut ala Mediterania yang lezat

Bagi Anda yang ingin mencari makanan laut datang saja ke Microlimano. Perjalanan ke sana akan memakan waktu lebih kurang setengah jam dari pusat kota. Pastikan Anda mencoba berbagai makanan laut segar serta resep masakan Yunani di banyak restoran Athena yang sudah terkenal di seluruh dunia dengan bahan-bahan segar dan nilai gizi yang kaya.

8. Belanja

Belanja atau membeli oleh-oleh nampaknya menjadi hal yang wajib apabila berkunjung ke suatu tempat baru. Hal ini juga berlaku di Athena yang terus meningkatkan tradisi panjang dalam bidang kerajinan tangan, membuat perhiasan dan memproduksi sepatu.

Selain itu ada juga dunia fesyen yang menawarkan pusat perbelanjaan dengan desainer yang telah diakui dunia internasional dan perusahaan-perusahaan serta berbagai butik besar ataupun kecil yang menampilkan merek dari seluruh dunia. Kepuasan berbelanja bisa Anda rasakan di Athena.

9. Merasakan kehidupan malam

Kehidupan malam di Athena berlangsung sampai pagi hari. Dengan berbagai bar dan klub, ada banyak hal yang harus Anda lakukan di sana. Bagi Anda yang ingin mengunjungi dua atau tiga tempat sebelum tidur, Distrik Psirri bisa menjadi tempat yang pas karena disana bnyak klub dan bar bagus yang memainkan semua jenis musik dari rock, latin sampai pop.

Selain itu ada juga distrik Gazi yang trendi dengan gaya art bar-nya. Jika Anda mencari sesuatu yang elok, datanglah ke distrik Kolonaki, di pinggiran selatan.

10. Mencicipi budaya hidup Athena

Terakhir tetapi tentunya tidak sedikit, seni tumbuh subur di Athena. Sepanjang tahun, seniman internasional yang telah diakui tampil di ibukota Yunani dan juga seni visual berlangsung di sejumlah besar galeri dan museum. (*/OL-5)

Pos ini dipublikasikan di keunikan Yunani. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s